by

Wajib Tahu! Manfaat Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Setiap orang membutuhkan penghasilan untuk mencukupi kebutuhan lahir batinnya termasuk membiayai kebutuhan keluarga ataupun membeli untuk kebutuhan sehari-hari. Untuk bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut, biasanya Anda akan mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion  Anda ataupun sejalan dengan jurusan kuliah Anda. 

Saat bekerja, ada beberapa hal yang menjadi hak dan kewajiban Anda sebagai karyawan. Anda wajib memenuhi kewajiban sebagai karyawan dan Anda memiliki hak untuk meminta atas beban kerja yang sudah Anda lakukan untuk perusahaan. Salah satunya adalah keselamatan dan kesehatan kerja. Sebab, risiko mungkin saja terjadi baik Anda office worker ataupun field worker.

Manfaat Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Pemerintah Indonesia telah mengatur hal ini sebagai bentuk jaminan keselamatan untuk melindungi seluruh pekerja tingkat apapun. Manfaat keselamatan dan kesehatan kerja wajib diketahui agar Anda merasa aman dan nyaman serta mengeluarkan segenap kemampuan untuk bekerja dengan baik. Yuk simak pembahasan lengkapnya di bawah ini tentang k3 logistik.

1. Perlindungan Para Pekerja

Manfaat keselamatan dan keselamatan kerja utamanya agar melindungi karyawan dari level bawah hingga atas dari segala risiko yang mungkin terjadi saat bekerja. Seluruh pekerjaan memiliki tingkat risiko masing-masing. Untuk itu, perlindungan pekerja diperlukan agar para pekerja dan keluarganya keamanan dan kenyaman dalam bekerja. 

2. Produktivitas Meningkat

Setiap perusahaan pasti ingin setiap karyawan bekerja optimal dan maksimal sesuai dengan job description masing-masing. Agar para karyawan bekerja maksimal dan optimal dibutuhkan rasa nyaman dan aman saat bekerja. Memberikan perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja adalah salah satu solusinya. Dengan produktivitas yang baik, target pekerjaan dan kualitas kerja tentu akan meningkat.

3. Meningkatkan Citra Perusahaan 

Secara tidak langsung, memberikan perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja kepada para karyawan akan meningkatkan citra perusahaan dimata konsumen. Sebab, konsumen akan beranggapan bahwa kualitas barang dan jasa yang ditawarkan perusahaan merupakan hasil dari sumber daya manusia yang berkualitas. Sumber daya manusia yang berkualitas didapatkan dari kinerja karyawan yang maksimal karena para pekerja mendapatkan hak perlindungan dari perusahaan.

4. Pemaparan Pentingnya Asas Kehati-hatian

Sistem keselamatan dan kesehatan kerja membantu perusahaan memaparkan bahwa setiap pekerjaan memiliki risiko tersendiri. Diharapkan para pekerja menerapkan asa kehati-hatian dalam menjalankan peran dan fungsinya di perusahaan.

5. Sesuai dengan Aturan Pemerintah

Hubungan yang positif dengan pemerintah wajib ditaati melalui penerapan aturan-aturan yang berlaku. Hal ini dapat mencegah perusahaan terkena sanksi dari pemerintah. Penerapan keselamatan dan kesehatan kerja wajib diterapkan pada setiap perusahaan yang ada di Indonesia.

6. Meminimalisir Biaya

Saat Anda sebagai pemberi kerja menerapkan sistem keselamatan kesehatan kerja di perusahaan Anda, otomatis Anda membantu perusahaan untuk mengurangi biaya yang ditimbulkan akibat adanya risiko pekerjaan. Anda juga bisa terbebas dari tuntutan keluarga karyawan apabila karyawan ada yang cacat atau meninggal. Sebab, Anda sudah mematuhi regulasi keselamatan dan kesehatan kerja. 

7. Tingkat Kepuasan Kerja

Jika para karyawan merasa terlindungi karena adanya perhatian perusahaan dengan menerapkan sistem keselamatan dan kesehatan kerja, maka tingkat kepuasan perkerja terhadap perusahaan pun meningkat. Hubungan yang terjalin antara perusahaan dan karyawan lebih sehat dan baik. Bahkan tidak menutup kemungkinan munculnya peluang bisnis baru karena citra baik di mata karyawan bisa mempromosikan barang dan jasa Anda melalui pembicaraan positif tentang perusahaan Anda.