Cara Mudah Mengatasi Batuk Pada Anak

Menyembuhkan batuk pada anak, batuk berdahak  pada umumnya  di sebabkan oleh sejumlah penyakit  termasuk alergi, flu dan infeksi. Anak jadi lebih  sering batuk-batuk  ketika ia berbaring, karena dahak dapat berkumpul di belakang tenggorokan. Anak-anak juga umumnya cenderung menelan lendir, bukan memudahkan, sehingga dapat  membuat nak sakit  perut atau muntah.

Ada beberapa cara menyembuhkan batuk pada anak, mulai dari pakai cara alami dengan bahan-bahan yang mungkin sudah ada di dapur  Anda sampai minum obat.

Mengatasi batuk berdahak pada anak dengan bahan alami

Gejala batuk berdahak biasa memburuk dalam 2-3 hari pertama, dan kemudian mereda dalam beberapa hari  kedepan sementara sistem  kekebalan membersihkan sumber penyakit  di dalam tubuh.

1. Madu

Berbagai penelitian kecil-kecilan melaporkan bahwa minum madu untuk menyembuhkan  batuk berdahak  pada anak terhitung  lebih efektif  dari pada obat dekongestan  yang dijual bebas. Manfaat madu ini dipercaya datang dari kandungan  antidioksida  yang biasa mengurangi  peradangan dalam tubuh .

Berikan anak Anda satu setengah sendok teh madu alami untuk 4-5 kali setiap hari, meski begitu, anak di bawah usia dua tahun tidak boleh makan madu karena partikel-partikel dalam madu dapat menyebabkan masalah kesehatan pada bayi.

2. Jus Lemon

Jus Lemon di laporkan manjur untuk mengatasi batuk berdahak pada anak, juga untuk menyembuhkan  pilek, dan infeksi  saluran pernapasan.

Beri anak anda  satu sendok teh jus lemon setiap tiga jam. Yang perlu  di perhatikan, jus lemon dapat membuat anak rentan dehidrasi, jadi pastikan Anda mengimbangi nya dengan memberikan anak segelas air putih setiap ingin minum jus lemon.

3. Air putih hangat

Air putih hangat dapat sangat membantu mengecerkan dahak yang menyebabkan infeksi. Air putih hangat juga bisa membantu  meredakan tenggorokan gatal dan tidak nyaman akibat jaringan sinus yang mengering.

Bantu anak anda  untuk minum 6-8 gelas setiap hari saat sakit.

Cara alami menyembuhkan batuk, mulai dari mengkonsumsi  obat batuk di apotek. Membuat obat batuk  dari bahan tradisional  hingga istirat cukup untuk mengembalikan sistem imun dalam tubuh  dari beberapa cara  yang bisa dilakukan, membuat obat  batuk dari bahan tradisional menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Selain ampuh mengatasi batuk, cara ini juga tergolong aman dan tanpa menimbulkan efek samping.

Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan sebagai obat batuk ampuh yang aman untuk di konsumsi:

  1. Bawang Putih dan Bawang Merah

Kedua bahan dapur ini bisa anda gunakan untuk meredakan batuk kering yang di sertai  rasa gatal. Dimana  kandungan phitochemical yang dapat terjadi di dalam bawang merah serta anti bakteri  yang terkandung di dalam bawang putih mampu mengatasi kondisi batuk dengan sangat ampuh. Caranya anda bisa  mengkonsumsi nya secara mentah. Atau jika mau Anda bisa membuatnya sebagai jus. Meskipun rasanya  tidak enak namun kemudian bahan ini cukup ampuh untuk mengatasi batuk kering.

  1. Daun Kemangi

Kemangi sering  di gunakan sebagai obat  batuk yang aman di konsumsi. Di mana mengkonsumsi jus kemangi dipercaya mampu meredakan batuk secara lebih cepat. Anda bisa mengkonsumsi nya  dengan cara di buat jus atau daun kemangi yang telah di rebus.

  1. Jahe

Jahe sudah banyak  di gunakan sebagai obat batuk alami oleh banyak orang. Selain sifat anti bakteri nya, bahan tradisional ini juga dapat  meningkatkan suhu dalam tubuh. Anda bisa menggunakan jahe sebagai obat batuk  kering  dan obat batuk berdahak dan gatal membuatnya sebagai wedang jahe.