Tips Agar Lancar Saat Presentasi dengan Bahasa Inggris

Bisnis8 views

Sangat wajar jika merasa gugup ketika melakukan presentasi terutama jika presentasinya menggunakan bahasa asing atau bahasa Inggris. Merasa khawatir akan melakukan kesalahan adalah salah satu alasan merasa gugup ketika presentasi, meskipun wajar tetapi kita harus bisa mengendalikannya. Persiapkan presentasi dengan baik agar mengurangi kekhawatiran tersebut. Berikut ini tips agar lancar ketika melakukan presentasi menggunakan bahasa Inggris.

Ucapkan salam pembuka

Jangan lupa ucakpan salam pembukaan ketika melakukan presentasi. Selanjutnya perkenalkan

dirimu sebelum masuk ke materi presentasi. Contoh pembukaan dengan menggunakan Bahasa inggris misalnya “Hello. Let me introduce myself. My name is… and I am from…”

Menjelaskan Materi

Tahap yang paling penting, yaitu menjelaskan materi. Siapkan dan kuasai materi dengan baik sehingga kamu bisa percaya diri menyampaikannya. Buat poin menjadi sistematis dan menarik dilihat. Sebelum mulai ke materi sebaiknya informasikan pada audiens mengenai tujuan dari presentasi yang akan kamu bawakan, sehingga mereka mendapatkan gambaran dari materi yang akan disampaikan.

Tanya Jawab

Setelah materi berikan waktu untuk sesi tanya jawab. Kamu bisa menggunakan kalimat-kalimat ini ketika tanya jawab “Anybody would like to ask a question?”, “I will try to answer any questions”, “Feel free to ask me anything”.

Setelah sesi tanya jawab selesai, kamu dapat menarik sebuah kesimpulan. Buatlah kesimpulan sesingkat dan sejelas mungkin supaya pendengar lebih memahami inti presentasimu. Kamu bisa awali dengan kata “the point is….”.

Beri Penutup

Setelah selesai presentasi, ucapkan salam penutup. Gunakan juga kalimat apresiasi untuk audience, seperti “Thank you very much for your attention”, “Thank you for listening”, “Thank you for paying attention”

Selain kalimat ada juga beberapa kata yang sering diucapkan seperti ensure, disclose, manage, achive, dan lain-lain. Kata approve juga sering digunakan, approve artinya “menerima” atau “menyetujui”. Kata ini sering digunakan dalam presentasi bisnis misalnya dalam presentasi kerjasama dengan klien atau sebagainya. Ketahui lagi banyak kosa kata dan kalimat yang digunakan dalam pekerjaan atau dunia profesional dengan mengikuti kursus bahasa Inggris di EF Adults. Kamu bisa belajar agar dapat melakukan presentasi ataupun bekerja dengan lebih percaya diri menggunakan bahasa Inggris. Segera bergabung di EF Adults ya!