Hal utama yang paling ditekankan untuk diterapkan oleh masyarakat agar terhindar dari infeksi virus Corona memang mencuci tangan menggunakan sabun. Seperti yang diketahui bahwa sabun ini merupakan bahan yang dapat melarutkan lemak dan juga membunuh virus maupun bakteri. Bahkan efektifitasnya sendiri jauh lebih baik jika dibandingkan dengan mencuci tangan menggunakan hand sanitizer atau sejenisnya. Faktanya sendiri 98 persen penyebaran penyakit memang berasal dari tangan. Sehingga dengan membiasakan hal ini tak hanya dapat menangkal resiko terkena Covid 19 saja, melainkan juga jenis penyakit yang lainnya.

Tidak membutuhkan waktu yang lama. Karena nyatanya Anda cukup mencuci tangan dengan sabun dan juga air mengalir sekitar 20 menit saja. Cara ini nyatanya sudah cukup efektif di dalam menangkal penyebaran virus dan juga bakteri, pada diri sendiri dan pastinya juga orang-orang yang Anda cintai. Hanya saja juga tidak dapat dipungkiri jika seandainya kebiasaan sehat yang satu ini, jika dilakukan terlalu sering berpotensi untuk menyebabkan kulit menjadi kering. Karena minyak alami yang ada di permukaan tangan tersebut menjadi hilang oleh sabun.

Padahal sebenarnya cuci tangan secara rajin juga penting untuk cegah virus Corona. Namun tidak perlu khawatir, berikut ini diantaranya ada beberapa cara mencuci tangan dengan sabun secara sehat untuk menjaga kulit agar tidak mudah kering, yaitu:

  1. Gunakan air hangat, Anda bisa mengganti air dingin yang dipakai untuk membilas tangan, karena memang air dengan suhu yang hangat ini tidak akan mengikis minyak alami yang menempel di permukaan kulit Anda. Sehingga juga akan membuatnya senantiasa tetap lembab.
  2. Pakailah sabun dengan kandungan pelembab, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan jenis sabun yang mengandung pelembab. Ada banyak sekali pilihan jenis sabun yang dijual di pasaran. Namun untuk menjaga kulit agar tidak kering, maka pilihlah yang mengandung pelembab alami.
  3. Langsung oleskan pelembab atau body lotion ke kulit segera setelah mencuci tangan, cara lainnya yang juga bisa Anda terapkan disini adalah dengan langsung menggunakan pelembab atau body lotion, bahan yang satu ini efektif untuk melembabkan kulit Anda. Juga dapat meminimalisir beberapa gangguan yang mungkin terjadi pada kulit Anda karena terlalu sering cuci tangan.
  4. Jangan terlalu kasa di dalam menggosok tangan, pada saat mencuci tangan sebaiknya dilakukan secara lembut saja, apalagi ketika menggosoknya. Karena jika seandainya terlalu keras menggosoknya, maka kemungkinan nantinya kulit tangan juga akan mudah kering bahkan juga mengelupas.
  5. Keringkan tangan menggunakan tissue, sarana yang Anda gunakan untuk mengeringkan tangan ini nyatanya juga memiliki kontribusi di dalam membuat kulit menjadi kering. Anda dapat mengganti lap biasa atau handuk dengan menggunakan tissue saja, dengan bahannya yang lebih lembut. Maka tidak dapat dipungkiri jika seandainya tissue ini juga akan menjaga kondisi tangan Anda tetap halus, tidak akan kering.

Tetap membiasakan diri untuk mencuci tangan menggunakan sabun guna cegah penularan virus Corona, namun tetap juga memperhatikan cara atau langkah mencucinya secara tepat. Sehingga dapat meminimalisir kemungkinan nantinya kulit tangan menjadi kering. Pemilihan sabun yang tepat ini pada dasarnya juga menjadi kunci agar tangan Anda tetap sehat dan juga lembab, tidak mudah kering. Cek beragam informasi seputar kesehatan yang lainnya, termasuk juga tentang wabah Corona di Halodoc.