by

Tahapan Melakukan Audit Energi

Energy audit merupakan proses melakukan evaluasi dengan memanfaatkan energi serta identifikasi peluang penghematan energi dan rekomendasi dalam meningkatkan efisiensi di sebuah perusahaan. Untuk kegiatan audit energi listrik ini harus dilakukan oleh pihak yang objektif, kompeten dan tidak memihak. Untuk audit energi sangat dibutuhkan karena para masyarakat membutuhkan penggunaan energi yang terukur.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari kegiatan audit energi yaitu untuk meningkatkan pengetahuan perihal efisiensi energi, meminimalisir hal yang terbuang, mengidentifikasi dari biaya energi, membuat perubahan pada prosedur, menyimpan energi menghemat.

Dalam melakukan audit listrik ini, ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan yaitu seperti berikut:

  1. Tahap pertama

Untuk tahap pertama ini dilakukan dengan mengumpulkan dan menyusun data historis untuk energi tahun sebelumnya dengan menghitung intensitas konsumsi pada energi di tahun sebelumnya dibandingkan pada standar intensitas konsumsi energi apakah hemat atau sebaliknya.

  1. Tahap kedua

Apabila indikasi energi listrik menunjukkan tingkat keborosan maka dapat dilakukan pada tahapan berikutnya yaitu dengan melakukan penelitian dan pengukuran pada konsumsi energi dibandingkan dengan hasil dari pengukuran standar energi yang berkembang memberikan peluang hemat energi.

  1. Tahap ketiga

Pada tahap ketiga ini untuk audit energi dapat mengimplementasikan rekomendasi yang didapatkan dari hasil analisis region investasi tambahan dan untuk investasi baru yang dilakukan dengan evaluasi dan monitoring pada implementasi apakah memiliki peluang yang baik atau sebaliknya.

Ada banyak objek listrik yang perlu di audit, misalnya seperti kualitas daya yang meliputi jaringan peralatan pada sistem perlengkapan dalam pengoperasian sistem. Audit energi memang sangat penting dilakukan supaya lebih menghemat energi sehingga dapat meminimalisir biaya yang dikeluarkan setiap bulannya. Melalui Sewatama maka Anda bisa melakukan audit energi dengan sangat mudah, karena Anda bisa mempercayakan semuanya kepada Sewatama.

Sebagai orang yang lebih sering menggunakan energi listrik maka Anda harus mengetahui betapa pentingnya melakukan kegiatan audit energi. Mengingat bahwa perkembangan zaman ini telah membawa para masyarakat hidup di zaman modern dan segala sesuatunya bisa dilakukan melalui listrik. Tanpa listrik maka masyarakat tidak bisa memenuhi kebutuhannya dengan baik. Untuk informasi lebih jelasnya silahkan kunjung web https://sewatama.com/id/.

News Feed