by

STAN Sediakan 3.000 Kursi, Ketahui Medan Pertarunganmu dan Siapkan Dirimu

Mana nih suara pejuang STAN? Sudah tahu kira-kira apa saja yang harus dipersiapkan sebelum bertarung? Mengapa perlu untuk dipersiapkan sekarang, sih? Tentu saja perlu banget cuy. Perlu kalian ketahui juga, pada dasarnya peminat sekolah kedinasan begitu banyak sehingga menjadi persaingan yang ketat. Selain itu, berdasarkan data Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tahun 2018, Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN yang selama ini menjadi favorit pelamar. Jumlah pendaftarnya selalu menjadi salah satu jumlah terbanyak dibandingkan dengan perguruan tinggi kedinasan lainnya dengan tingkat persaingan 1:20.

Siapa sih yang tidak akan mati-matian bertarung demi mendapatkan 3.000 kursi tersebut. Setelah mendaftarkan diri ke pendaftaran Mahasiswa Baru PKN STAN 2019, kamu masih akan melanjutkan perjuangan kamu dalam proses penyeleksian nanti. Masih ada beberapa Ujian Saringan Masuk (USM) STAN yang harus kamu tempuh, loh. STAN memiliki tiga tahapan seleksi yang termasuk cara daftar STAN diantaranya tes tertulis, tes psikotes, dan tes kesehatan dan kebugaran. Hayo, pasti kalian pada panik ‘kan? Tidak perlu panik, yuk simak bagaimana tahapan lanjutan yang termasuk dalam cara daftar STAN 2019 kali ini.

Tahapan Seleksi terdiri atas:

  1. Ujian Tertulis
  • Ujian tertulis menggunakan computer assisted test (CAT) akan diselenggaran pada tanggal 3-13 Juli 2019 di 30 lokasi yang telah ditentukan.
  • Ujian Tertulis terdiiri atas Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang meliputi Tes karakteristik Pribadi, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Wawasan Kebangsaan; Tes Kompetensi Akademik (TPA); dan Tes Bahasa Inggris (TBI).
  • Peserta dinyatakan lulus apabila Ujian Tertulis apabila memenuhi nilai ambang batas SKD sesuai ketentuan yang berlaku, nilai ambang batas TPA (67), dan TBI (30)
  1. Ujian Psikotes

Ujian Psikotes ini dilaksanakan pada tanggal 3-8 Agustus 2019 dan diikuti oleh seluruh calon mahasiswa yang dinyatakan lulus Ujian Tertulis.

  1. Ujian Kesehatan dan Kebugaran

Ujian ini dilaksanakan pada tanggal 4-9 Agustus 2019 dan diikuti oleh seluruh calon mahasiswa yang dinyatakan lulus Ujian Tertulis.

Untuk informasi secara lengkapnya kamu bisa lihat di link www.pknstan.ac.id atau www.kemenkeu.go.id. Namun, kita akan fokus membahas seputar seleksi Tahap I USM atau Tes Tertulis. Mengapa tidak fokus semua tahap seleksi? Karena seleksi Tahap I yang termasuk dalam Cara Daftar STAN ini merupakan tahap tersulit dan menentukan lolos tidaknya kamu ke tahap selanjutnya. Tes Tertulis USM PKN STAN terdiri atas SKD, TPA, dan TBI.

Pada tahun 2018, Tes Tertulis USM PKN STAN memiliki ketentuan yang berbeda pada tahun sebelumnya. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berjumlah 100 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 90 menit. Tes ini terdiri dari Tes Intelegensi Umum dengan jumlah soal 30 dengan penilaian, jika jawaban benar +5, jika kosong atau salah mendapat nilai 0. Tes Karakteristik Pribadi dengan jumlah soal 35 soal, penilaian tes ini berdasarkan skala jawaban baik dan tidak baik dengan jawaban paling baik memiliki nilai 5 hingga jawaban paling tidak baik nailainya 1. Dan Tes Wawasan Kebangsaan yang menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai dari 4 (empat) pilar Kebangsaan Indonesia. Jumlah soal pada tes ini 35 soal dengan penilaian +5 apabila jawaban benar dan nilai 0 untuk jawaban kosong atau salah.

Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI) dikerjakan dalam sekali waktu.  Tes Potensi Akademik (TPA) memiliki soal sebanyak 45 soal yang terdiri atas dua kategori yaitu kemampuan verbal dan kemampuan kuantitatif atau aritmetika yang harus dikerjakan dalam waktu 40 menit. Tes Bahasa Inggris (TBI) dengan perkiraan 30 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 20 menit.

Gimana? Sudah siap buat bertarung mendapatkan 3.000 kursi PKN STAN 2019? Kalau masih belum jangan khawatir dan jangan menyerah sebelum bertarung. Persiapkan diri kamu sebelum memasuki seleksi Tahap I USM PKN STAN bersama ruangguru. Ruangguru merupakan bimbingan belajar online yang siap membantumu mempersiapkan segala materi-materi tes di USM PKN STAN.

Tentunya materi-materi yang dimiliki oleh ruangguru mempunyai kualitas yang tidak diragukan lagi dan sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin memenangkan pertarungan di USM PKN STAN 2019. Belajarnya pun tidak perlu buang-buang waktu datang ke tempat bimbingan belajar atau kantor Ruangguru, karena belajar di ruangguru yang berbasis online ternyata cukup praktis sebab bisa diakses di manapun dan kapanpun kamu belajar materi USM PKN STAN.

Tunggu apa lagi? Yuk daftarkan diri kamu dan persiapkan pertarunganmu bersama ruangguru dengan pembelajaran praktis dan menyenangkan melalui video belajar, latihan soal, dan rangkuman infografis. Ayo semangat kejar STAN bersama Ruangguru.

News Feed