Resep Coklat Matcha ala Nama Chocolate yang Viral

resep3 views

Matcha (teh bubuk) adalah teh hijau berbentuk bubuk yang dibuat dari menggiling teh hijau hingga halus seperti tepung. Di samping diminum pada upacara minum teh, matcha juga digunakan sebagai bahan perisa dan pewarna untuk berbagai jenis makanan, seperti mochi, soba, es krim, es serut, cokelat, berbagai jenis kue Barat, dan wagashi.

Matcha banyak dipadukan dengan beragam bahan makanan lainnya seperti yang telah disebutkan di atas, salah satunya adalah dengan coklat. Ya, Coklat Matcha kini memang sedang ramai diperbincangkan. Selain memiliki paduan rasa yang pas, coklat matcha cocok diolah menjadi aneka makanan.

Dan salah satu produk yang juga sedang ramai diperbincangkan di sosial media, khususnya di media sosial TikTok adalah Nama Chocolate. Nama Chocolate adalah cokelat yang diproduksi oleh salah satu perusahaan ternama asal Hokkaido, Jepang, ini memang dikenal akan cita rasanya yang super lezat.

Nama chocolate sendiri tak hanya hadir dalam satu varian rasa. Namun terdapat banyak varian rasa. Dari beragam varian rasa yang ada, salah satu yang paling nikmat dan tren adalah varian matcha. Jika kalian penasaran bagaimana resep bikin coklat matcha ala nama chocolate? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Resep Coklat Matcha ala Nama Chocolate

Sebelum membuatnya, pastikan kalian sudah menyiapkan sederet bahan yang dibutuhkan berikut ini, ya!

Bahan-bahan :

  • 200 gram cokelat putih batangan
  • 65 gram whipping cream
  • 8 gram mentega tawar
  • bubuk matcha secukupnya

Cara Membuat:

Potong cincang cokelat dan margarin

Pertama, siapkan cokelat putih batangan dan margarin yang akan digunakan untuk membuat adonan. Kemudian potong cokelat putih menjadi potongan yang halus, lalu sisihkan dalam wadah. Hal tersebut juga berlaku untuk margarin. Potong-potong dengan ukuran kecil menjadi beberapa bagian. Hal ini bertujuan untuk memudahkan margarin meleleh saat dimasak nantinya.

Masak whipped cream hingga mendidih

Langkah selanjutnya, nyalakan kompor dan letakkan panci di atasnya untuk memasak whipping cream. Lalu, tuang whipping cream ke dalam panci, lalu masak hingga mendidih. Pastikan kalian menggunakan api kecil saat memasak whipping cream. Apabila whipping cream sudah mulai panas, tambahkan bubuk matcha, lalu aduk menggunakan spatula. Usahakan jangan menggunakan whisk supaya adonan dapat tercampur sempurna.

Tambahkan cokelat dan margarin

Apabila adonan sudah tercampur rata, maka masukkan cokelat putih yang telah dipotong halus ke dalam adonan krim dan matcha. Aduklah sesaat, kemudian biarkan hingga cokelat mulai meleleh. Catatan: usahakan jangan mengaduk cokelat terlalu lama supaya teksturnya tidak berubah menjadi kasar. Apabila sudah, angkat, kemudian tuangkan di atas cetakan.

Diamkan cokelat di dalam kulkas hingga beku

Selanjutnya, tunggu beberapa saat hingga uap panas dari cokelat mulai hilang. Lalu, letakkan adonan cokelat ke dalam kulkas. Diamkan kurang lebih selama 1 jam hingga cokelat mulai membeku. Apabila cokelat sudah beku, keluarkan dari dalam kulkas dan potong cokelat menjadi beberapa potongan kecil sesuai dengan selera.

Sajikan potongan cokelat di atas piring dan taburi atasnya dengan bubuk matcha.

Itulah cara pembuatan coklat matcha ala Nama Chocolate yang sedang viral itu. Bagaimana cukup praktis, bukan? Nah, supaya cokelat buatan kalian tidak mudah meleleh dan lebih tahan lama, simpanlah di dalam kulkas atau di tempat yang sejuk dan gelap sekitar suhu 10 hingga 15 derajat Celcius. Selamat mencoba!