by

Rekomendasi Obat Asam Lambung Paling Ampuh

Asam lambung adalah salah satu gejala dari maag di mana lambung sedang mengalami peradangan hingga infeksi. Meskipun begitu, asam lambung pun cukup diperlukan untuk membantu melancarkan proses pencernaan makanan di dalam lambung. Meskipun begitu, biasanya asam lambung akan naik dan meningkat ketika Anda tidak memerhatikan bagaimana pola makanan yang sehat. Tentu hal tersebut akan menyebabkan perih dan memerlukan obat asam lambung.

Setidaknya, ada beberapa jenis obat yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah asam lambung ini. Apa sajakah itu?

Obat Alami Asam Lambung

Pada dasarnya, semua penyakit atau kondisi klinis punya obat-obat tertentu yang bisa mencegah atau mengatasi beberapa masalah di dalam tubuh. Begitu juga dengan masalah asam lambung ini yang diobati dengan obat alami. Lantas, obat alami apa saja yang bisa dijadikan sebagai obat asam lambung? Berikut rinciannya!

  1. Mentimun

Asam lambung yang banyak bisa menyebabkan rasa perih dan sakit di perut atau lambung Anda. Untuk mengurangi rasa sakit tersebut, Anda bisa mengonsumi mentimun. Caranya pun cukup mudah, cukup kupas lalu buang biji mentimun lalu makan sebanyak 2 potong setidanya tiap 2 jam sekali. Anda bisa mencampurnya dengan youghurt atau wortel untuk meredakan keasaman pada lambung.

  1. Baking Soda

Merupakan salah satu bahan yang sering ditemukan khususnya untuk pembuatan kue. Siapa sangka, rupanya baking soda bisa berguna untuk menetralisir kandungan asam di lambung dengan sifatnya yang basa. Anda cukup menyediakan 1 sendok teh baking soda tersebut, lalu campurkan dengan segelas air dan minum secara rutin.

  1. Lidah Buaya

Kebanyakan masyarakat menggunakan lidah buaya sebagai perawatan untuk rambut maupun kulit. Namun rupanya, lidah buaya pun bisa digunakan sebagai obat asam lambung secara alami. Lidah buaya mempunyai sifat anti-inflamasi di mana ketika dikonsumsi bisa meredam peradangan yang terjadi di lambung. Untuk menggunakannya, Anda bisa membuat jus lidah buaya lalu konsumsi jus tersebut setelah bangun tidur dan sebelum tidur.

  1. Kacang Hijau

Memiliki manfaat luar biasa untuk menetralkan asam lambung yang berlebih. Bahkan kacang hijau juga bisa membantu menebalkan lapisan lambung agar lebih kuat dan tahan dari iritasi. Untuk menjadikannya sebagai obat, Anda bisa mengolahnya menjadi bubur kacang hijau dan konsumsi secara rutin tiap pagi hari.

  1. Kunyit

Obat asam lambung alami selanjutnya adalah kunyit. Kebanyakan masyarakat sering menggunakannya sebagai bumbu rempah masakan. Namun ternyata, kunyit pun bisa membantu mengatasi asam lambung naik dan berlebihan. Untuk mengatasi gejala asam lambung, Anda bisa mencincang kunyit lalu rebus dengan 1,5 gelas air. Tambahkan madu untuk menghilangkan rasanya yang tidak nyaman.

Obat Asam Lambung Medis

Selain obat yang bisa didapatkan secara alami untuk mengatasi masalah asam lambung, di pasaran sendiri tersedia banyak variasi obat yang bisa digunakan. Biasanya dokter akan menyarankan untuk mengkonsumsi beberapa obat seperti antasid yang mampu menetralkan dampak dari asam lambung.

Atau bisa juga menggunakan Proton Pump Inhibitors (PPIs) yang bisa mengatasi gejala perihnya. Di pasaran sendiri, obat untuk asam lambung bisa ditemukan dengan nama produk seperti esomeprazole, lansoprazole, atau bahkan pantoprazole. Meskipun begitu, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang sudah ahli di bidangnya agar sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunkana aplikasi Halodoc untuk mencari informasi lengkap tentang asam lambung, obat asam lambung, gejala yang ditimbulkan, hingga bagaimana cara mengatasinya sendiri. Anda juga bisa langsung berkonsultasi dengan ahli media melalui fitur chat dokter yang disediakan. Bahkan jika kondisi kesehatan Anda mengharuskan untuk diperiksa langsung, pihak Halodoc akan memberikan rekomendasi dokter dan rumah sakit rujukan yang tepat juga terdekat.

News Feed