Semarang adalah ibukota Provinsi Jawa Tengah, kota semarang memang telah menjadi tujuan wisata bagi wisatawan lokal dan asing, karena kota ini memiliki keindahan tersendiri yang tidak ada dikota-kota lain di indonesia. Untuk anak-anak sekolah, tempat ini juga digunakan sebagai tujuan wisata studi, karena kota semarang merupakan salah satu kota yang dipenuhi dengan sejarah di dalamhya. Bukan hanya itu saja, kota semarang juga memiliki beberapa makanan khas yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh dan harus banget kalian coba saat kalian sedang berkunjung ke semarang. Tiket kereta jakarta semarang pun sekarang mudah di dapat. Penasaran makanan khas apa sih yang ada di semarang? Yuk kita lihat!

  1. Lumpia Semarang

Makanan dan oleh-oleh khas Semarang yang pertama yaitu Lumpia. Ya, jikakalian memikirkannya dan sudah tahu lumpia yang dimaksud, kita sering melihat pedagang lumpia di mana saja. Tapi, saat kita menikmati lumpia langsung dari kota asalnya yaitu semarng maka akan menimbulkan sensasi tersendiri yang berbeda bahkan rasa dari lumpia khas Semarang ini berbeda dengan lumpia di kota-kota lain. Setiap gigitan lumpian akan membuat kaian ingin mengunyah lagi dan lagi. Saat berlibur di Semarang, jangan lewatkan untuk mencoba dan membeli oleh-oleh lumpia. Untuk mendapatkan lumpia, kalian dapat menemukannya dengan mudah seperti di pusat oleh spesialis Semarang, toko pinggir jalan atau di agrowisata Semarang. Tetapi jika kalian ingin membelinya langsung dari pembuat resep lumpia asli, datanglah ke Geng Lombok di daerah Pecinan Semarang. Gang Lombok memang merupakan salah satu tempat belanja di semarang yang menyediakan berbagai macam oleh-oleh.

  1. Wingko Babat

Rupanya semarang tidak hanya terkenal dengan lumpianya saja, Semarang juga memiliki oleh-oleh yang terbuat dari ketan. Wingko babat adalah jenis makanan ringan yang terbuat dari tepung beras ketan dengan campuran kelapa muda parut, garam dan gula. Rasanya yang manis, gurih dan legit dijamin akan memanjakan lidah kalian. Wingko babat bisa dijadikan teman saat minum teh atau kopi. Karena semua bahannya alami, babad wingko ini hanya dapat bertahan selama 3 hari pada suhu kamar. Makanan ini cocok sebagai oleh-oleh khas Semarang untuk orang-orang tercinta di rumah. Untuk membeli wingko kalian bisa mengunjungi gang Lombok dan jalan pandanaran.

  1. Brownies Opium

Opium, bagi sebagian orang awam pasti akan berpikir dua kali untuk membeli kue ini. Mereka akan menganggap jika kue ini terbuat dari bahan-bahan yang tidak aman, tentu saja. Tapi jangan salah, ini adalah nama salah satu kue spesial Semarang. Kue ini dibuat oleh Opium Premium Brownies dan toko kue Cokelat. Kue ini adalah salah satu kue populer di Semarang. Dan tentu saja halal. Rasanya yang lezat dan sangat kecokelatan akan membuat ketagihan bagi penikmat kue ini. Sesuai namanya itu akan membuat seseorang ketagihan dan kecanduan. Mungkin karena alasan ini, kata opium digunakan untuk menamai makanan unik ini dari Semarang.

  1. Bandeng Presto

Semarang terkenal karena makanan yang satu ini, yaitu Bandeng Presto, dan bahkan Semarang juga merupakan produsen bandeng terbesar di Indonesia. Ikan bandeng ini memiliki banyak duri kecil tetapi dapat diolah menjadi makanan yang mudah dikonsumsi. Caranya, ikan bandeng yang sudah dibersihkan segera dimasak dengan pangkal daun pisang menggunakan presto (panci uap tekanan tinggi) yang kemudian melunakkan semua tulang dan duri ikan. Rasa gurih dan lezat menjadikan makanan ini populer dan dijadikan oleh-oleh khas Semarang. Lokasi untuk membeli bandeng presto ada di Jalan Pandanaran, tepatnya di toko bandeng Presto di Pandanaran dan toko bandeng Juwana Elrina.

Itulah beberapa oleh-oleh khas semarang dan tempat belanja di semarang .