by

Menjalankan Kampanye Periklanan yang Efektif dalam Periklanan

-Bisnis-31 views

Strategi kampanye periklanan yang efektif dirancang untuk mencapai hasil yang diinginkan seperti untuk meningkatkan penjualan, kesadaran merek, dan sebagai media komunikasi. Kampanye periklanan bukan hanya membuat iklan, tetapi juga melakukan perencanaan sejak awal agar dapat menghasilkan kampanye periklanan yang efektif. 

Apa itu Kampanye Periklanan?

Kampanye periklanan atau advertising campaign merupakan sarana marketing untuk meningkatkan penjualan produk dan pengenalan merek dengan menampilkan beberapa jenis konten yang sesuai dengan target audiens yang telah ditentukan. Kampanye iklan biasanya dilakukan di beberapa platform marketing dengan membawa strategi dan tema yang berbeda, tergantung dari jenis platform dan audiens. Tema yang biasa digunakan dalam kampanye periklanan adalah pengenalan produk baru, promosi produk, rekrutmen staff baru, atau dapat juga hanya berupa pesan tertentu yang ditujukan kepada pasar sasarannya.

Karakteristik Kampanye Periklanan yang Efektif

Kampanye periklanan yang efektif harus memperhatikan karakteristik utama dari kampanye periklanan. Berikut adalah beberapa karakteristik utama dari kampanye periklanan yang efektif agar dapat berhasil mencapai tujuan kampanye iklan.

1. Mengetahui pain point audiens. Dengan mengetahui pain point audiens, Anda dapat memberitahu audiens bahwa produk Anda dapat membantu permasalahan dan kebutuhan mereka. 

2. Menarik perhatian. Sebuah kampanye periklanan yang efektif mampu menarik perhatian audiens yang melihatnya, dan membuat audiens terlibat dengan iklan yang dibuatnya. Bukan hanya tampilan iklan yang menarik, informasi yang berguna dalam iklan juga akan membuat audiens merasa tertarik dengan produk Anda.

3. Menggunakan CTA yang persuasif. CTA atau ajakan bertindak dalam sebuah iklan akan menentukan tindakan audiens yang selanjutnya setelah melihat iklan Anda. Untuk itu diperlukan kalimat closing yang persuasif dan CTA yang menimbulkan urgensi bagi audiens, agar mereka tertarik. 

4. Ringkas, jelas, dan memberikan nilai. Copy yang panjang akan membuat audiens malas untuk membaca pesan Anda. Oleh sebab itu, gunakanlah kata-kata yang ringkas, to the point, jelas, dan memberikan nilai agar audiens tertarik membaca iklan Anda.

5. Mudah diingat. Kampanye iklan yang efektif adalah iklan yang mampu menampilkan suatu tema yang mudah diingat oleh audiens. Sehingga dapat meningkatkan pengenalan merek terhadap audiens. 

Tips Menjalankan Kampanye Periklanan yang Sukses

Tips iklan anti boncos yang paling dasar saat menjalankan kampanye periklanan adalah menentukan target pasar, menentukan tujuan dan funnel iklan, membuat ads creative yang menarik, serta memilih platform yang tepat untuk menerbitkan iklan. Namun pada artikel ini, tips ini akan lebih membantu Anda untuk menjalankan kampanye periklanan dengan cara yang sebaik mungkin.

Terdapat tips untuk menjalankan kampanye periklanan yang efektif, agar hasilnya sukses, memuaskan, dan menguntungkan untuk bisnis Anda. Jika direncanakan dan diterapkan dengan benar, maka strategi kampanye periklanan Anda akan memberikan dampak yang luar biasa pada brand dan produk Anda.

1. Daya tarik emosi

Menggunakan daya tarik emosional untuk memikat emosional audiens agar mengambil tindakan sudah banyak dilakukan dalam kampanye periklanan yang efektif. Emosi dinilai mampu menyentuh ketertarikan audiens dengan cara yang halus tanpa paksaan. Sehingga dapat mempengaruhi tindakan audiens selanjutnya. 

2. Ciptakan asosiasi yang positif

Ketika audiens mengasosiasikan produk bisnis Anda dengan perasaan puas dan bahagia, sehingga tujuan mereka tercapai, kebutuhan dan permasalahan mereka terpenuhi, maka mereka akan memperhatikan dan mengingat brand Anda. Akibatnya, ketika suatu saat mereka membutuhkan suatu produk, mereka akan datang kembali ke brand Anda untuk membeli produk Anda.

Saat Anda membuat kampanye iklan, pertimbangkan perasaan, keinginan, dan tujuan audiens yang diinginkan untuk dikaitkan dengan produk Anda. Dengan begitu, Anda dapat menjalin perasaan yang positif dengan audiens untuk membangun hubungan yang terpercaya antara brand dan audiens. 

3. Fleksibel terhadap tren

Sesuatu yang sedang tren, tentu akan menjadi kiblat bagi beberapa orang untuk terlihat sama dan up to date terhadap tren. Efek ikut-ikutan tren seseorang yang sedang booming, membuat mereka tidak ingin tertinggal. Mereka ini menemukan nilai dalam sebuah gaya hidup yang tren. Sehingga mereka tidak ingin menjadi satu-satunya orang yang tidak menggunakan produk terbaru dan trend tersebut.

Fleksibel terhadap tren yang sedang booming dengan mengaitkan kelebihan produk Anda, dapat membuat audiens tertarik dengan kampanye iklan Anda. Riset pasar secara rutin untuk mengetahui tren yang sedang berlangsung. Menggunakan testimoni pelanggan yang sebelumnya juga akan mendukung Anda dapat menghasilkan tingkat penjualan yang meningkat. Karena dengan adanya testimoni, audiens akan percaya dengan brand dan produk Anda. Jadi mereka tidak hanya menilai Anda ikut-ikutan tren, melainkan memang brand Anda yang dapat menyesuaikan diri dengan tren. 

4. Fokus pada manfaat daripada fitur

Fitur dan manfaat adalah dua hal yang berbeda. Fitur lebih ke detail produk yang dijual, seperti ukuran atau bahan. Sedangkan manfaat, menjelaskan kenapa seseorang harus membeli produk Anda dan bagaimana audiens akan dapat merasakan manfaat dari pembelian produk Anda. Saat membuat kampanye periklanan yang efektif, menampilkan manfaat daripada fitur merupakan poin terpenting. Periklanan harus berfokus pada manfaat yang dihasilkan produk Anda, bukan menjelaskan apa yang Anda jual secara fisik. Jika Anda melakukannya dengan benar, iklan yang menampilkan penuh manfaat akan menginspirasi audiens untuk meneliti fitur-fitur produk tersebut secara mandiri.

5. Manfaatkan story telling

Cerita atau story telling yang bagus, yang menyentuh hati audiens dapat memotivasi audiens untuk mengambil tindakan. Ketika cerita dalam iklan yang Anda buat dapat beresonansi dengan seorang audiens, akan lebih mudah untuk memotivasi audiens untuk mengambil tindakan. Cerita mampu menggambarkan brand sebagai sesuatu yang dapat dipercaya dan mudah diingat. Sehingga efektif untuk menarik dan mempengaruhi audiens. 

Agar terhubung dan terlibat mudah dengan audiens Anda, berhubunganlah menggunakan bahasa pelanggan Anda. Dengan menerapkan kelima tips diatas, Anda akan membangun brand magnetis yang dapat menarik pelanggan, membangun audiens, dan menghasilkan keuntungan untuk bisnis Anda. 

Jika Anda kesulitan untuk merencanakan kampanye periklanan yang efektif, Anda dapat menghubungi agency digital marketing kami, DIFITECH. Kami dapat membantu Anda untuk melakukan kampanye periklanan online yang secara khusus diarahkan untuk pemasaran digital bisnis Anda. DIFITECH merupakan pilihan terbaik untuk mencapai hasil periklanan yang Anda inginkan.