Anda tahu pipa? Ya, tentu saja. Pipa kini bukanlah menjadi suatu hal yang sulit ditemukan. Pasalnya, pipa digunakan sebagai instalasi air yang mana setiap rumah tentunya memiliki instalasi air yang dihubungkan dengan pipa. Pipa sendiri ada banyak macamnya, yang mana salah satunya adalah pipa PVC SNI. Pipa ini merupakan salah satu pipa SNI ( pipa berstandar negara Indonesia ) yang dibuat dengan menggunakan bahan pvc ( poly vynil chloride ) yang tentunya dipilih dari kualitas terbaik.

Nah, untuk kali ini Saya ingin membahas sedikit mengenai pipa PVC SNI ini sebagai salah satu pipa air SNI yang banyak diminati masyarakat untuk digunakan untuk kebutuhan mereka. Maka dari itu, untuk lebih mengetahui unsur – unsur yang lain mengenai pipa PVC SNI ini, yuk simak informasi berikut ini ya!

Kelas – Kelas Pipa PVC SNI

Pertama, pipa PVC SNI ini tentunya memiliki kelas – kelas tersendiri. Nah, untuk pipa PVC ini biasanya dibuat kelas yang didasarkan atas tekanannya. Berikut adalah detailnya :

  • Kelas S – 8

       Kelas S – 8 merupakan kelas pipa PVC yang digunakan dengan batas tekanan 16 bar.

  • Kelas S – 10

Kelas S – 10 merupakan kelas pipa PVC yang digunakan untuk batas tekanan 12,5 bar

  • Kelas S – 12,5

Kelas S – 12,5 merupakan kelas pipa PVC yang biasanya digunakan untuk batas tekanan 10 bar

  • Kelas S – 16

Kelas s – 16 merupakan kelas pipa PVC yang digunakan untuk batas tekanan 8 bar.

Jenis Sambungan Pada Pipa PVC SNI

Selanjutnya, Pipa PVC SNI ini juga membutuhkan sambungan, dan ada 2 sambungan pipa yang biasanya digunakan khusus jenis pipa ini. Berikut ini adalah diantaranya :

  1. Sambungan RRJ

Sambungan RRJ atau dikenal dengan rubber ring joint merupakan sambungan yang dapat digunakan tanpa perlu menggunakan lem PVC. Sambungan ini biasanya digunakan untuk jenis pipa – pipa yang memiliki diameter yang besar.

  1. Sambungan SCJ

Selanjutnya, untuk sambungan kedua adalah sambungan scJ atau dikenal dengan solvent cement joint yang mana sambungan ini dilakukan dengan menggunakan lem PVC. Sambungan ini biasanya digunakan untuk ukuran pipa yang lebih kecil dibandingkan dengan sambungan RRJ. Sebab, dengan ukuran yang lebih kecil tentunya sambungan akan lebih mudah dipasangkan dan memiliki angka keefektifan penyambungan yang cukup tinggi.

Nah, itu dia 2 hal yang memiliki keterkaitan dengan pipa PVC SNI. Pipa PVC SNI ini juga diproduksi oleh rucika. Sehingga untuk Anda yang sedang membutuhkan pipa SNI jenis PVC ini dapat langsung mengunjungi website Rucika dan dapat mencari pipa mana yang cocok untuk anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan dapat menjadi referensi untuk Anda ya!