by

Gaji Pas-pasan, Bukan Halangan untuk Berbisnis! Ini Tipsnya

Jaman sekarang, kalau mau dapur tetap ngebul dan punya tabungan, bukan masanya lagi hanya bergantung pada satu sumber penghasilan saja. Nah, berbisnis bisa jadi pilihan terbaik yang dijalankan selain pekerjaan utama kamu di kantor. Selain bisa menambah pundi-pundi pendapatan, berbisnis juga bisa jadi lahan belajar yang segar untuk menambah keahlian lain, salah satunya mengatur arus keuangan.

Tapi, bagi sebagian orang yang bergaji ‘pas-pasan’ dalam hal ini standar UMR misalnya, modal mungkin kerap jadi alasan utama yang menghalangi impian membangun bisnis. Jangankan menabung untuk ngumpulin modal, ibaratnya, hidup dari bulan ke bulan dengan lancar saja sudah bersyukur. Mau ngajuin pinjaman uang untuk modal, tapi masih bingung dan khawatir gagal. Nah, apakah kamu salah satunya?

Jika ya, jangan patah semangat, sebab masih banyak jalan menuju Roma. Dan tentunya, diperlukan perjuangan yang tidak sedikit agar bisnis impianmu segera terwujud meski gaji masih pas-pasan. Apa saja ya kira-kira?

  1. Terapkan mindset untuk menabung sesaat setelah terima gaji

Kalau mindset menabung sama dengan tunggu uang sisa, selamanya tentu kita nggak bakal pernah bisa punya tabungan. Jangankan untuk bisnis, untuk kebutuhan darurat pun bisa jadi nggak ada. Kunci dari tabungan bukan seberapa besar uang yang bisa kamu sisihkan per bulan, tetapi lebih kepada komitmen dan disiplin diri. Nggak masalah gaji pas-pasan, tapi kalau kamu bertekad menabung, misalnya saja hanya Rp150.000 per bulan, lama-lama juga bisa jadi banyak, lho!

Supaya menabung nggak ke-distract sama hal-hal lain, maka sesaat setelah terima gaji, yuk segera menabung! Kalau mau lebih strict lagi, kamu bisa juga membuka tabungan berjangka di bank, kemudian memanfaatkan fitur autodebet dari rekening payroll sesuai dengan jumlah yang diinginkan. Supaya nggak tergoda untuk pakai tabungannya, anggap saja, uang yang kamu sisihkan ke tabungan adalah “uang hilang”.

  1. Kurangi anggaran untuk aktivitas hiburan sementara

Kalau kamu masih memiliki alokasi anggaran yang digunakan untuk kebutuhan hiburan seperti nonton bioskop, makan di restoran, main ke kafe, dan sejenisnya, kamu juga bisa lho memotong anggaran ini sebagian dan dimasukkan ke dalam tabungan dalam jangka waktu tertentu. Seperti kata pepatah, bersakit-sakit dulu, bersenang-senang kemudian. Tidak ada salahnya berkorban sedikit demi bisa mewujudkan bisnis impian yang sudah lama kamu impi-impikan! Toh, pada akhirnya nanti, hasilnya juga akan kembali lagi untuk kamu.

  1. Ajak teman untuk memulai bisnis kecil bersama

Makin canggih jaman, makin banyak juga cara dan jenis bisnis. Berbisnis tidak lagi identik dengan modal besar, sewa kios, pegawai, dan sejenisnya. Sekarang, banyak kok bisnis modal ratusan ribu yang bisa mendatangkan untung lumayan dan dapat kamu coba sebagai langkah awal. Misalnya, jadi agen pulsa yang hanya perlu modal deposit ratusan ribu. Atau, mencoba usaha franchise makanan dan minuman ringan yang modalnya mulai Rp 500 ribu hingga Rp  3 jutaan. Kamu juga bisa mengajak teman untuk memulai bisnis bersama dan patungan modal. Misalnya, temanmu jago masak, kamu jago dalam hal marketing. Maka, kamu bisa coba berkolaborasi dengan temanmu untuk mencoba bisnis makanan yang digemari banyak orang. Temanmu meracik resep, kamu kebagian tugas marketingnya, deh!

  1. Manfaatkan aplikasi pinjaman uang berbunga rendah untuk modal

Sudah punya rencana bisnis dari A-Z yang matang, tapi tabungan untuk modal belum juga terkumpul? Memanfaatkan aplikasi pinjaman uang berbunga rendah seperti Kredivo, bisa jadi salah satu solusinya. Selain bunga angsurannya rendah, hanya 2,95% per bulan, Kredivo juga menawarkan opsi tenor yang beragam untuk pinjaman tunai, mulai dari 30 hari, 3 bulan, hingga 6 bulan. Kredivo cocok digunakan untuk kamu yang pemula dalam dunia bisnis, sebab pendaftarannya tidak memerlukan proposal bisnis ataupun laporan keuangan.

Pengajuan pinjaman di Kredivo bisa dilakukan apabila kamu sudah terdaftar sebagai pengguna Premium dan memiliki sejumlah limit di akun Kredivo-mu. Cara daftarnya adalah dengan mendownload aplikasi Kredivo lebih dulu di Google Play Store atau App Store. Kemudian, pilih akun Premium dan ikuti tahapan pendaftaran yang diinstruksikan di aplikasi. Maksimal limit kredit yang bisa diberikan Kredivo adalah Rp 30 juta. Namun besar kecilnya limit yang kamu terima, akan disesuaikan dengan besaran penghasilan serta profilmu ketika mendaftar. Daftar Kredivo, minimum syarat penghasilannya hanya sebesar Rp 3 juta per bulan. Selain itu, kamu juga wajib berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.

Memang, apply pinjaman uang untuk modal bisnis kesannya mengkhawatirkan. Maka dari itu, sebagai tips, selain rencana bisnis yang matang, kamu perlu masukkan juga anggaran tabungan darurat sebesar 3 bulan angsuran pinjaman ke dalam modal yang kamu pinjam. Tabungan ini berfungsi untuk jaga-jaga jika bisnis yang kamu lakukan belum bisa menghasilkan keuntungan yang signifikan di awal.

News Feed