by

Berkenalan dengan 5 Jenis Direct Marketing

-Bisnis-40 views

Pada pembahasan sebelumnya, kita sudah berkenalan dengan pengertian dan manfaat direct marketing, kali ini akan kita lanjutkan dengan mengenali beberapa jenisnya. Seperti yang kita ketahui bahwa manfaat direct marketing sangat besar untuk kemajuan usaha atau bisnis anda. Bahkan teknik ini menjadi cara yang ampuh untuk meningkatkan penjualan daripada teknik yang lain. Banyak perusahaan baik kecil maupun besar yang masih menggunakan teknik pemasaran langsung untuk mempromosikan usaha mereka.

Setidaknya ada 5 jenis marketing dengan cara langsung yang bisa anda gunakan. Disini kami akan memberikan semua jenis tersebut dan mencoba untuk menjelaskan satu persatu agar mudah dipahami.

Jenis-jenis Direct Marketing

1. Social Media Marketing

Salah satu cara yang paling efektif untuk memasarkan produk adalah dengan menggunakan media sosial. Jenis direct marketing yang satu ini juga dipakai oleh banyak perusahaan besar yang bergerak dalam bidang manufaktur makanan dan minuman seperti Burger King dan McD.

Apalagi saat ini media sosial sudah dilengkapi dengan fitur share, akan sangat memungkinkan bagi pelanggan untuk merekomendasikan produk anda kepada keluarga dan temannya. Untuk itu, pastikan bahwa produk yang anda pasarkan mempunyai kelebihan dan manfaat bagi konsumen.

2. Email Marketing

Pernah mendapatkan email mengenai promo diskon sebuah produk? Kalau saya masih sering, bahkan dari perusahaan besar yang bergerak dalam bidang bisnis online. Hal tersebut menandakan bahwa strategi menggunakan email marketing masih layak untuk digunakan.

Dari data statistik, pengguna email diseluruh dunia mencapai angka hampir 4 miliar dalam sehari. Artinya, teknik pemasaran ini sangat berpotensi untuk meningkatkan penjualan anda. Konten yang digunakan untuk strategi ini tidak hanya teks, lebih menarik jika anda membuat sebuah poster yang mendeskripsikan produk anda secara singkat.

Jika anda termasuk pengguna email aktif, pastinya tahu bahwa raksasa internet juga masih menggunakan email sebagai media promosi mereka. Tidak percaya? Coba buka akun Gmail anda, kemungkinan besar anda akan mendapat penawaran mengenai Adwords yang memberikan voucher iklan sebesar 400 ribu rupiah (jika masih belum berubah).

3. SMS Marketing

SMS marketing yang ditawarkan oleh penyedia SMS gateway Indonesia juga masih menjadi idaman bagi kalangan pelaku usaha dalam mempromosikan bisnis mereka. Hal yang pasti anda temukan adalah penawaran produk dari provider yang anda gunakan. Promosi kuota kerap kita dapatkan dengan penawaran diskon yang super besar.

Ternyata bukan hanya mereka yang masih menggunakan teknik ini, perusahaan besar yang mempunyai cabang di hampir seluruh negara juga melakukannya. Sebut saja Starbucks dan Dunkin Donuts, jika ditempat anda masih terjangkau dengan salah satu stand mereka, kemungkinan sms tersebut akan anda dapatkan.

4. Telemarketing

Telemarketing merupakan strategi direct marketing dengan menggunakan media telephone. Teknik ini sangat efektif karena dapat langsung komunikasi dua arah dengan konsumen. Anda dapat memberikan penjelasan langsung dan memberikan promo menarik kepada mereka. Kelebihan dari pelanggan juga dapat langsung menanyakan beberapa hal terkait produk yang bisa dijawab langsung.

Tidak banyak perusahaan yang masih menggunakan teknik ini, kebanyakan yang masih menggunakannya adalah perusahaan perbankan yang menawarkan kartu kredit atau kartu debit. Serta beberapa perusahaan finansial yang menawarkan pinjaman dengan iming-iming bunga rendah.

5. Katalog

Walaupun sudah banyak ditinggalkan karena perkembangan dunia digital, namun katalog masih sangat efektif untuk digunakan media promosi. Perusahaan yang masih menggunakan media ini meliputi swalayan, distro dan brand dari fashion ternama.

Itulah jenis-jenis direct marketing yang masih sangat efektif untuk digunakan sebagai teknik promosi usaha dan bisnis anda.

News Feed