by

Berikut Peran Penting Dokter Spesialis Urologi dalam Bidang Kesehatan

Urologi merupakan salah satu istilah medis yang menggambarkan berbagai penyakit atau gangguan kesehatan pada saluran kemih dan biasanya paling sering terjadi pada pria. Ada banyak bagian tubuh yang masuk dalam sistem saluran kemih manusia, mulai dari ginjal, kandung kemih, ureter, serta otot sfinger dan uretra yang biasanya memiliki ukuran panjang berbeda antara wanita dan pria. Sistem tersebut nantinya akan menghasilkan urin dari sisa metabolisme didalam tubuh. Oleh sebab itu, fungsi saluran kemih berperan sangat penting untuk menunjang kualitas kesehatan manusia dan jika sampai terjadi penyakit urologi, maka Anda disarankan segera melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis urologi untuk mendapatkan penanganan secepat mungkin.

Ada berbagai gejala umum yang ditunjukkan para penderita penyakit urologi pada fase awal, seperti volume urin menjadi berlebihan atau justru sangat sedikit, terjadi perubahan warna dan bau pada air seni, keluar darah saat buang air kecil atau bahkan pada beberapa kasus penderita merasa kesulitan saat akan buang air kecil karena air seni tidak keluar. Kondisi seperti ini sangat berbahaya dan dapat terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk itu, langkah antisipasi yang dapat dilakukan adalah dengan olahraga serta minum air putih secara teratur.

Faktor penyebab penyakit neurologi sangat beragam, bahkan berbagai kebiasaan buruk yang tidak dikurangi seperti merokok dan minum alkohol terlalu sering juga dapat memicu terjadinya penyakit tersebut. Selain itu, berikut akan kita bahas beberapa faktor yang memperbesar kemungkinan terjadinya penyakit urologi, antara lain:

  1. Infeksi akibat kuman dan bakteri yang masuk melalui bagian tubuh tertentu dan menyerang saluran kemih atau sering disebut infeksi saluran kemih adalah penyebab paling umum yang membuat seseorang terkena penyakit urologi.
  2. Selanjutnya faktor genetik juga berpengaruh terhadap kemungkinan seseorang terkena penyakit yang satu ini karena umumnya akan memiliki gaya hidup serta lingkungan tempat tinggal yang sama.
  3. Berikutnya seseorang yang memiliki riwayat penyakit obesitas juga sangat rentan terkena penyakit urologi karena kondisi tersebut dapat memicu terjadinya kelainan ginjal kronis.
  4. Sering menahan buang air terbukti menjadi salah satu kebiasaan yang dapat menjadi alasan terjadinya penyakit pada saluran kemih serta kondisi ini dapat menyerang setiap orang tanpa memandang usia.
  5. Selanjutnya penyakit urologi juga dapat terjadi karena seseorang mengkonsumsi jenis obat tertentu maupun diuretic yang memiliki efek samping produksi urin sehingga dapat mengakibatkan buang air kecil berlebih terutama pada pria.

Tindakan pengobatan yang biasanya akan dilakukan dokter untuk mengobati penyakit urologi terbagi menjadi beragam jenis mulai dari pengobatan ringan seperti memberikan obat antibiotik untuk meredakan infeksi atau melakukan kemoterapi. Akan tepati, pada kasus penyakit urologi akut yang dapat berakibat fatal jika tidak segera ditangani, maka biasanya akan dilakukan pembedahan agar dapat menghilangkan adanya penyumbatan didalam saluran kemih maupun yang sudah sampai ginjal.

Penting untuk Anda ketahui, jika penyakit urologi dapat dideteksi sedini mungkin saat fase awal, maka Anda dapat melakukan berbagai upaya penyembuhan dengan mengubah gaya hidup serta menghindari semua kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol maupun hentikan konsumsi makanan yang mengandung lemak dan sodium tinggi. Selain itu, Anda sebaiknya juga menghindari semua jenis penyebab umum seperti pada pembahasan di atas. Akan tetapi, sayangnya beberapa orang telat mengetahui gejala penyakit tersebut sehingga hal terbaik yang dapat dilakukan adalah segera melakukan konsultasi ke dokter spesialis urologi agar mendapatkan solusi pengobatan yang tepat.

News Feed